
Jakarta – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2025, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI memperkuat perannya sebagai mitra strategis pembangunan nasional melalui berbagai inisiatif yang berdampak nyata bagi rakyat. Semangat ini sejalan dengan tema “Bersatu Berdaulat, Rakyat Sejahtera, Indonesia Maju” yang diusung pada peringatan kemerdekaan tahun ini.
Direktur Utama BRI Hery Gunardi mengungkapkan semangat
kemerdekaan yang dirayakan tahun ini menjadi momentum BRI untuk terus
memperkuat kontribusi nyata kepada bangsa. “Kami percaya bahwa kedaulatan dan
kemajuan Indonesia berawal dari kemandirian ekonomi rakyat. Dalam kaitan
ekonomi kerakyatan, BRI hadir tidak hanya sebagai lembaga keuangan, tetapi juga
sebagai mitra yang pro-aktif mendorong pemerataan kesejahteraan rakyat
Indonesia utamanya melalui pemberdayaan UMKM," ujar Hery.
Oleh karena itu, BRI terus berperan aktif dalam mendukung
berbagai program prioritas pemerintah yang pro rakyat, terutama yang menyasar
penguatan ekonomi kerakyatan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Setidaknya berikut adalah 8 (delapan) kontribusi nyata BRI untuk negeri:
1.
Salurkan Kredit UMKM Terbesar di Indonesia Senilai Rp1.137,84
Triliun
BRI terus membuktikan komitmennya dalam mendorong pertumbuhan
sektor UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Keberpihakan BRI
diwujudkan melalui pemberian akses pembiayaan agar pelaku UMKM dapat terus
tumbuh sehat dan berkelanjutan.
Per Juni 2025 penyaluran kredit BRI tumbuh 6,0% secara year on year menjadi Rp1.416,6 triliun.
Dari total kredit yang disalurkan tersebut, segmen UMKM mengambil porsi 80,32%
atau setara Rp1.137,84 triliun.
Di
samping itu, BRI juga menjadi penyalur Kredit Usaha
Rakyat (KUR) terbesar di Indonesia dan berkontribusi langsung dalam memperluas
kesempatan kerja serta mendorong pertumbuhan perekonomian grassroot. Sepanjang Januari–Juni 2025, BRI telah menyalurkan KUR
senilai Rp83,88 triliun kepada 1,8 Juta debitur, termasuk kepada pelaku UMKM
yang terlibat dalam program sosial, seperti pemasok pada program Makan Bergizi
Gratis di seluruh Indonesia. Dukungan ini turut memperkuat rantai pasok
sekaligus menciptakan lapangan kerja yang lebih merata di berbagai daerah.
2.
Percepat Inklusi Keuangan Melalui 1,22 Juta AgenBRILink dan 7.422
Kantor
Di tengah upaya mendorong inklusi dan literasi keuangan nasional,
jaringan AgenBRILink menjadi garda terdepan BRI dalam menghadirkan layanan
perbankan hingga ke pelosok negeri. Hingga Juni 2025, AgenBRILink telah
mencapai 1,22 juta yang tersebar di 67 ribu desa, selama 6 bulan agen-agen
tersebut telah memproses 540 juta transaksi dengan volume mencapai Rp843
triliun.
Selain melalui jaringan agen, BRI tetap memberikan layanan luas
melalui 7.422 kantor yang tersebar di seluruh Indonesia, memastikan setiap
lapisan masyarakat mendapatkan kemudahan akses perbankan.
3. Hadirkan Kemudahan Bertransaksi,
BRImo Telah Digunakan Oleh 42,7 Juta User
BRI terus mengembangkan ekosistem super app BRImo sebagai bagian dari strategi transformasi digital
untuk memudahkan masyarakat bertransaksi. Per Juni 2025, jumlah pengguna BRImo
meningkat 21,2% yoy menjadi 42,7 juta. Adapun volume transaksi BRImo naik 25,5%
YoY, menjadi Rp3.231,7 triliun. Capaian ini menegaskan relevansi BRImo dalam
memenuhi kebutuhan layanan perbankan digital masyarakat.
BRImo juga menjadi aplikasi mobile
banking dengan rating tertinggi
di antara bank konvensional di Indonesia, memperoleh skor 4,7 di Google Play
maupun App Store. Penilaian positif ini mencerminkan tingkat kepuasan pengguna
terhadap layanan BRImo.
4.
Dorong UMKM Naik Kelas Melalui Pemberdayaan 41.217 Klaster Usaha
dan 4.625 Desa BRILiaN
Selain memberikan akses permodalan, keberhasilan BRI dalam
membangun ekosistem bisnis dan menaikkelaskan UMKM ditopang melalui
pendampingan nasabah. Di mana, sebanyak 4.625 Desa BRILiaN, 41.217 Klaster
Usaha, dan 54 Rumah BUMN menjadi bagian dari inisiatif pemberdayaan BRI yang
tersebar di seluruh Indonesia. Fokus pendampingan untuk memberdayakan dan
menaikkelaskan UMKM tersebut mencakup edukasi literasi keuangan, pelatihan
kewirausahaan, serta program peningkatan kapasitas usaha.
5.
Perkuat Ekonomi Grassroot,
Holding Ultra Mikro Layani 34,7 Juta Debitur dan 126 Juta Rekening Simpanan
Dalam rangka memperluas akses permodalan sekaligus memperkuat
ketahanan ekonomi di tingkat akar rumput (grassroot),
dengan menggabungkan kekuatan BRI sebagai induk, bersama PT Pegadaian dan PT
Permodalan Nasional Madani (PNM), Holding Ultra Mikro hingga Triwulan II 2025
telah melayani 34,7 juta debitur aktif dengan total pembiayaan mencapai Rp631,9
triliun. Pada periode yang sama, jumlah simpanan mikro pun mencapai 126 juta
rekening.
6.
Dukung Program 3 Juta Rumah, BRI Targetkan Penyaluran 25.000 KPR
FLPP
BRI terus berperan aktif dalam mengurangi backlog perumahan nasional. Sebagai salah satu mitra penyalur
Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), BRI pada tahun 2025
mendapatkan mandat tambahan kuota penyaluran menjadi 25.000 unit, atau naik
7.300 unit dari kuota sebelumnya yang berjumlah 17.700 unit.
Penambahan kuota ini merupakan bagian dari dukungan BRI terhadap
Program 3 Juta Rumah yang dicanangkan pemerintah. Hingga Triwulan II 2025, BRI
telah menyalurkan KPR bersubsidi FLPP kepada 97.878 penerima manfaat dengan outstanding mencapai Rp13,35 triliun
atau tumbuh 19,51% YoY.
7. Dukung Pengembangan Koperasi Desa
Merah Putih Lewat Pendampingan Usaha dan Akses Layanan Keuangan
BRI mendukung program Koperasi Desa/Kelurahan Merah Putih (KDMP)
yang diluncurkan Presiden pada 21 Juli 2025 sebagai langkah memperkuat ekonomi
kerakyatan dari desa. Sebagai partner,
BRI memberikan pendampingan dan akses produk (One BRI Solution) untuk memastikan Koperasi Desa Merah Putih tumbuh
berkelanjutan.
Pendampingan usaha dilakukan agar pengurus koperasi dapat
memperoleh solusi finansial, pendampingan bisnis AgenBRILink, penyelengaraan
pelatihan pengurus dan anggota, serta menyediakan platform digital untuk edukasi dan asesmen kapabilitas. Sedangkan,
konsep One BRI Solution, BRI
menyediakan akses pembiayaan sesuai kebutuhan koperasi, menghadirkan
AgenBRILink untuk layanan keuangan formal, serta penyediaan Qlola by BRI untuk
memudahkan pengelolaan keuangan.
8.
Layani 1,5 Juta Pekerja Migran Indonesia, Perkuat Peran Sebagai Bank
Pahlawan Devisa
BRI terus menegaskan komitmennya dalam melayani para Pekerja Migran
Indonesia (PMI) yang dikenal sebagai pahlawan devisa. Sampai dengan saat ini,
tercatat sebanyak 1,5 juta nasabah telah menggunakan jasa remitansi (pengiriman uang) BRI di
seluruh dunia dimana seluruhnya merupakan PMI yang bekerja di berbagai negara.
Layanan remitansi BRI dirancang untuk memudahkan para PMI mengirimkan hasil
kerja keras mereka kepada keluarga di tanah air dengan aman, cepat dan
biaya terjangkau.
Sebagai bukti nyata terhadap dukungan kepada PMI, BRI memperluas jangkauan layanan perbankannya ke
Taiwan melalui pembukaan BRI Taipei Branch
pada 8 Agustus 2025 yang lalu. Sebagai satu-satunya kantor cabang bank asal
Indonesia di Taiwan, BRI Taipei Branch
siap menjadi pusat layanan perbankan komprehensif, khususnya bagi sekitar 360
ribu PMI yang bekerja di Taiwan melalui
layanan remitansi, simpanan, dan investasi untuk perencanaan masa depan.
Pengembangan layanan di Taiwan ini melengkapi kehadiran BRI di berbagai negara
melalui jaringan kantor internasional, dimana saat ini BRI telah memiliki
kantor di berbagai negara diantaranya adalah BRI New York Agency (BRINYA), BRI
Singapore Branch (BRISG), BRI Hong
Kong Representative Office (BRI
HKRO), dan BRI Timor Leste Branch (BRITL) serta BRI Cayman Island Branch (BRICIB).
"BRI akan terus menjadi bagian dari perjalanan panjang bangsa
ini, memastikan setiap langkah pembangunan membawa manfaat nyata bagi rakyat.
Dengan memperkuat UMKM, memperluas inklusi keuangan, dan mendorong
transformasi, kami optimistis Indonesia mampu menjadi negara yang semakin
berdaulat, sejahtera, dan maju”, pungkas Hery Gunardi.