
Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung akselerasi industri halal nasional dengan menjadi banking partner pada ajang Halal Indonesia International Industry Expo (Halal Indo) 2025 yang digelar pada 25–28 September 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang.
Selama 4 hari
penyelenggaraan, Halal Indo 2025 mencatatkan jumlah pengunjung sebanyak lebih
dari 25 ribu atau berada di atas target 15 ribu yang ditetapkan penyelenggara. Pengunjung
tersebut bukan hanya berasal dari Indonesia tapi juga berasal dari luar negeri
seperti Tiongkok, Finlandia, Amerika Serikat, Malaysia, Singapura, Thailand,
Jepang, Filipina, Turki, Uzbekistan, Afghanistan, Korea Selatan, Albania,
India, hingga Yordania. Selain itu, Halal Indo 2025 juga mencatatkan realisasi
penjualan sebesar Rp7,7 miliar serta berhasil mendapatkan komitmen investasi
sebesar Rp7,2 triliun.
Corporate
Secretary
BRI Dhanny mengungkapkan bahwa partisipasi BRI dalam perhelatan berskala
internasional ini bukan hanya sekadar dukungan terhadap industri halal, namun
juga strategi perseroan untuk memperluas ekosistem transaksi digital di
Indonesia.
“BRI
konsisten untuk mendukung penguatan ekosistem halal melalui solusi finansial
digital yang inklusif. Kami percaya, industri halal Indonesia masih memiliki
potensi besar untuk bersaing di kancah global, dan UMKM merupakan motor
penggeraknya. Kehadiran BRI di Halal Indo 2025 adalah bukti nyata komitmen kami
dalam menghubungkan UMKM halal ke pasar yang lebih luas sekaligus memperluas
literasi dan inklusi keuangan masyarakat,” ujarnya.
Selama
pameran, BRI menghadirkan berbagai program menarik, mulai dari “Perbanyak
Transaksi BRImo” dengan hadiah langsung bagi nasabah, hingga promo cashback
hingga 20% di merchant F&B serta cashback 10% di merchant
non-F&B menggunakan QRIS BRI.
Inisiatif
ini mendapatkan sambutan positif dari pengunjung karena tidak hanya
menghadirkan keuntungan langsung, tetapi juga mendorong perubahan perilaku
transaksi menuju cashless society yang lebih aman, praktis, dan
efisien.
Selain
memperkuat literasi digital, BRI juga memanfaatkan momentum Halal Indo 2025
untuk memberdayakan UMKM halal binaan BRI yang telah siap naik kelas. Beberapa
UMKM unggulan tampil memamerkan produk-produk berkualitas, antara lain Roka
Collection (Tangerang) dengan sofa dan kerajinan rotan, Urban Factor (Depok)
dengan produk tas dan fashion pria, Liyan Indonesia (Jakarta) dengan fashion
wanita dan batik, Kaula Snack Indonesia (Subang) dengan produk olahan snack
halal, serta Ria Jewellery (Jakarta Timur) dengan perhiasan dan aksesoris halal
lifestyle.
UMKM
binaan tersebut tidak hanya memperoleh akses permodalan melalui KUR dan
pembiayaan komersial BRI, tetapi juga telah terintegrasi dengan layanan digital
perbankan seperti BRImo, QRIS, dan berbagai fasilitas transaksi lainnya. Dengan
dukungan ini, BRI memastikan UMKM halal mampu memperluas jangkauan pasar dan
meningkatkan daya saing di tingkat global.
Apresiasi terhadap BRI juga datang dari
Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Eko S.A.
Cahyanto, yang menyampaikan rasa bangga atas kesuksesan Halal Indo 2025. Menurutnya, capaian transaksi hingga Rp77
miliar dan jumlah pengunjung yang menembus 25.000 orang merupakan bukti nyata
besarnya potensi industri halal di Indonesia.
“Saya senang sekali, bangga sekali dengan
Halal Indo 2025 yang jauh lebih baik, meriah, dan lebih sukses dari Halal Indo
2024. Oleh karena itu saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Dyandra
Promosindo yang telah bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian, para
sponsor, peserta, pengunjung, dan seluruh pihak yang telah mensukseskan acara
Halal Indo 2025,” ucapnya dalam acara penutupan.