
JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat sebanyak 123.824 wisatawan mancanegara (wisman) menggunakan layanan kereta api untuk menjelajahi berbagai destinasi wisata di Indonesia sepanjang Januari hingga Mei 2025.
Hanya pada bulan Mei 2025 saja, terdapat 30.004 wisman yang tercatat menggunakan layanan KAI. Hal ini menandakan bahwa kereta api semakin menjadi pilihan transportasi utama dalam perjalanan wisata internasional di Indonesia.
10 Stasiun Tujuan Favorit Wisman (Januari–Mei 2025):
Gambir – 23.852 pelanggan
Yogyakarta – 17.417 pelanggan
Bandung – 11.678 pelanggan
Surabaya Gubeng – 8.416 pelanggan
Pasarsenen – 7.446 pelanggan
Semarang Tawang Bank Jateng – 5.757 pelanggan
Malang – 4.497 pelanggan
Surabaya Pasar Turi – 3.665 pelanggan
Cirebon – 3.163 pelanggan
Purwokerto – 2.823 pelanggan
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menyebut jaringan kereta api yang luas di Jawa dan Sumatera memudahkan wisman mengakses kota-kota wisata utama secara aman, nyaman, dan efisien.
Beberapa stasiun utama menjadi gerbang destinasi unggulan, seperti:
Stasiun Gambir untuk wisata sejarah dan kuliner Jakarta seperti Monas dan Kota Tua.
Stasiun Yogyakarta sebagai akses ke Borobudur, Prambanan, dan Malioboro.
Stasiun Bandung ke Lembang, Kawah Putih, dan pusat belanja.
Stasiun Malang menuju Batu dan Gunung Bromo.
Stasiun Semarang ke kawasan heritage seperti Kota Lama dan Lawang Sewu.
Stasiun Surabaya Gubeng dan Pasar Turi untuk wisata sejarah dan modern.
Cirebon dan Purwokerto untuk wisata budaya dan religi yang mulai diminati wisman.
Anne menegaskan bahwa KAI akan terus meningkatkan layanan, integrasi transportasi, dan pengalaman pelanggan untuk mendukung sektor pariwisata nasional. “Kami ingin setiap perjalanan wisman bersama KAI meninggalkan kesan spesial dan menjadi bagian dari promosi pariwisata Indonesia ke dunia,” ujarnya.
KAI juga memperkuat sinergi dengan para pemangku kepentingan pariwisata, agar kereta api semakin menjadi pilihan utama menjelajahi keindahan Indonesia.