
Jakarta –
Menghadapi lanskap bisnis digital yang menuntut kecepatan serta efisiensi dalam
pengelolaan keuangan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus memperkuat
kapabilitas layanan digitalnya melalui QLola by BRI. Platform ini
dirancang sebagai solusi terintegrasi untuk menjawab kebutuhan bisnis korporasi
yang kian dinamis, sekaligus mendukung percepatan transformasi digital di
berbagai sektor industri.
Setelah diluncurkan pada tahun 2022, Integrated
Corporate Solution Platform QLola by BRI tercatat mengalami peningkatan
dengan volume sebesar 36,8% year-on-year (YoY), atau mencapai Rp5.970
triliun hingga Juni 2025. Pertumbuhan ini terjadi di segmen wholesale
maupun non-wholesale, dengan jumlah pengguna meningkat dengan lebih dari
75.000 klien baru, sehingga total penggunanya mencapai 258 ribu atau tumbuh
41,09% YoY.
Sementara itu, dari sisi aktivitas, total transaksi
yang dilakukan melalui QLola telah mencapai 438 juta transaksi, tumbuh 19%
dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 356 juta transaksi. Capaian
ini berkontribusi pada penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp241
triliun dan Fee Based Income (FBI) senilai Rp167,1 miliar.
Direktur Corporate Banking BRI Riko
Tasmaya menyebut bahwa kinerja QLola merupakan bagian dari transformasi
strategis BRI menuju model universal banking dalam mendukung kebutuhan
bisnis yang semakin kompleks. Adapun, capaian kinerja QLola tersebut didorong
oleh penetrasi ke berbagai sektor, mulai dari agriculture, mining, FMCG,
telekomunikasi, hingga industri digital seperti e-commerce dan fintech.
Lebih
lanjut, sebagai ekosistem digital terintegrasi, pengguna pun
diberikan kemudahan untuk memantau dan mengunduh laporan keuangan secara
langsung melalui fitur real-time report dan account statement
yang dapat diakses kapan saja.
Riko
menambahkan bahwa dengan kinerja yang terus mencatatkan pertumbuhan positif,
QLola by BRI terus membuktikan perannya sebagai tulang punggung pengelolaan
keuangan korporasi di era digital. “Ke depan, BRI akan terus mengakselerasi
inovasi dan memperluas jangkauan QLola, sehingga mampu memberikan solusi end-to-end
bagi nasabah korporasi BRI,” pungkasnya.